| |

Makan Sayur Dan Buah Tubuhku Sehat

Ayo makan sayur
Ayo makan sayur
Kalau kita makan sayur tubuh kita kuat…..

Makan makanan yang sehat dan bergizi merupakan salah satu aspek yang harus dibiasakan dalam upaya tumbuh kembang anak. Melalui makan makanan yang bergizi, anak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat serta tidak mudah sakit. Apalagi dalam situasi pandemic Covid-19 seperti ini, anak-anak harus bisa menjaga sistem imun tubuhnya dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi supaya anak-anak tidak mudah sakit.

Saat ini, meskipun masih dalam situasi proses belajar dari rumah, hal itu tidak menghalangi PPPK petra untuk tetap membangun dan membiasakan pola hidup yang sehat terutama bagi anak-anak usia dini. Pada tanggal 18 dan 19 November 2020 yang lalu, siswa siswi TK Kristen Petra 9 mengadakan kegiatan makan sayur dan buah. Orang tua diminta untuk menyiapkan makanan sehat (sayur dan buah) bagi anak yang akan dimakan oleh mereka pada waktu jam istirahat.

Sebelum kegiatan makan sayur dilakukan, anak-anak diajak untuk menyaksikan terlebih dahulu video mengenai manfaat sayur dan buah bagi tubuh. Setelah itu, guru menjelaskan secara lebih detail mengapa siswa harus menyukai dan membiasakan diri untuk makan sayur dan buah. Setelah semuanya itu,anak-anak mulai diajak untuk makan sayur dan buah yang sudah disiapkan oleh orang tua mereka masing-masing. Wah ternyata mayoritas anak-anak mau makan sayur dan buah yang sudah disediakan mama papa. Semangat terus ya anak-anak untuk menjaga kesehatan tubuh kalian dengan makan sayur dan buah. God bless you...

Merah-Putih Indonesiaku

Tujuh belas Agustus tahun ‘45
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka, nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdekaaaa……

Lagu Hari Merdeka mengiringi pembukaan lomba yang diadakan oleh KB-TK Kristen Petra 9 Surabaya. Suasana lomba kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Sekolah yang biasanya ramai didatangi orang tua dan anak-anak untuk merayakan HUT RI kali ini sepi. Hal ini disebabkan adanya pandemi covid-19 yang masih terus melanda sehingga lomba memperingati HUT RI Ke-75 harus dilakukan secara virtual lewat zoom. Lomba virtual tersebut oleh KB-TK Kristen Petra 9 diadadakan pada hari Jumat, 21 Agustus 2020.

Lomba ini diadakan per jenjang. Untuk jenjang KB mengadakan lomba mozaik bendera merah putih, untuk jenjang TK A mengadakan lomba mewarnai, dan untuk jenjang TK B mengadakan lomba mozaik bendera dan menggambar. Dalam lomba ini, para pendamping/orang tua saling bekerja sama untuk menyelesaikan lomba yang diikuti. Setelah menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan penuh semangat, anak-anak di masukan dalam kelas breakout sesuai dengan kelasnya masing-masing. Di tiap kelas di tiap jenjang, akan diambil juara 1, juara 2, dan juara 3. Para ibu guru membantu mengawasi jalannya lomba supaya bisa berjalan dengan baik.

Saat mengikuti lomba, anak-anak terlihat sangat bersemangat dan antusias. Mereka saling bekerjasama dengan orang tua/dengan orang yang mendampingi mereka. Setelah beberapa lama lomba berlangsung, akhirnya jam menunjukkan waktu bahwa lomba harus diakhiri. Setelah lomba selesai, orang tua langsung diminta saat itu juga mengirimkan hasil karya mereka. Juri kemudian menilai hasil lomba anak-anak dan menetapkan para pemenang lomba di tiap kelas. Dan akhirnya…… Yeyyyy,,,, Pemenang dari setiap lomba telah diumumkan. Selamat ya untuk anak-anak yang menjadi juara. Untuk yang belum memenangkan lomba, jangan berkecil hati ya. Anak-anak harus tetap bersemangat. Terus nyalakan semangatmu ya nak, jangan lupa juga kita doakan negeri ini supaya bisa lekas bangkit dari pandemi sehingga kita bisa berkumpul kembali.


Salam Merdekaaaaa!!!!!!!!!!

Sukacitaku Di Tahun Yang Baru

Hari ini hari bahagiaku…..
Belajar Online dari rumah…..

 
IMG_20200717_114617.jpgIMG_20200717_115410.jpgIMG-20200717-WA0008.jpgIMG20200717112554.jpgIMG-20200717-WA0010.jpgIMG_20200717_115608.jpg

Lagu indah itu menggema di telinga kami. Ya… Libur telah usai. Tidak terasa, pada hari ini tanggal 13 juli 2020 adalah hari pertama kami mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kami kembali bertemu dengan ibu guru serta teman teman kami. Tapi di tahun ajaran baru kali ini sedikit berbeda. Pandemi covid-19 masih terus melanda negeri kami. Bahkan semakin hari, orang yang positif covid-19 jumlahnya semakin banyak. Hal itu mengakibatkan kami belum bisa masuk dan datang ke sekolah seperti biasanya. Kegiatan belajar dan bermain kami terpaksa dilaksanakan secara daring melalui zoom.

Meskipun kegiatan pembelajaran dilaksanakan lewat daring, hal itu tidak menghalangi semangat kami untuk bermain dan belajar bersama ibu guru dan teman-teman. Selama seminggu ini kami memperoleh layanan orientasi siswa (LOS) dari ibu guru. Di kegiatan LOS ini, kami diajak melakukan banyak hal. Kami berkenalan dengan teman baru, kami diajak membuat banyak prakarya seperti membuat landak, gajah, burung merak, dan masih banyak hal lainnya. Selain itu, kami juga diajak bernyayi dan bermain oleh ibu guru. Meskipun dibatasi oleh jarak dan waktu keberasamaan,  kegiatan pembelajaran daring ini tetap sangat menyenangkan dan membuat kami semakin bersemangat untuk bermain dan belajar.

Kami berharap dan selalu berdoa semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu sehingga kami bisa kembali lagi datang ke sekolah untuk bermain dan belajar bersama ibu guru dan teman-teman. Ibu guru juga  selalu mengingatkan kami untuk terus berdoa dan memohon berkat Tuhan supaya kami tetap diberi kesehatan dan sukacita dalam mengikuti proses pembelajaran daring ini. Terima kasih juga untuk papa dan mama kami yang selalu ikut membantu mendampingi kami belajar. Semoga Tuhan selalu melindungi kita semua. Gbu.....

Kebaktian Akhir Tahun Ajaran 2019/2020

Tidak terasa, masa belajar anak-anak KB-TK Kristen Petra 9 sudah berada di ujung tahun ajaran 2019/2020. Untuk mengakhiri kegiatan di tahun ajaran, biasanya KB-TK Kristen Petra 9 mengadakan acara graduation, pentas seni, dan kebaktian akhir tahun ajaran. Namun, kali ini, semua menjadi berbeda. Pandemi covid-19 yang masih terus terjadi hingga hari ini menjadi penghalang diadakan kegiatan-kegiatan tersebut. Oleh karena itu, untuk mengakhiri tahun ajaran kali ini, KB-TK Kristen Petra 9 mengadakan Kebaktian secara virtual melalui zoom.

Kebaktian akhir tahun ajaran ini dilaksanakan per jenjang, yaitu jenjang KB, jenjang TK A, dan TK B. Ibu Hernita Riana Sitepu, S.Th selaku guru PAK memimpin acara kebaktian ini. Guru kelas secara bergiliran mengikuti zoom yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Kebaktian dibuka dengan doa pembuka kemudian anak-anak diajak menyanyikan lagu pujian. Setelah itu, anak-anak mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan melalui Ibu Hernita. Setelah mendengarkan firman, anak-anak diajak kembali untuk menyanyikan lagu pujian. Terlihat jelas dari zoom, anak-anak begitu bersemangat dan bergembira. Kebaktian akhir tahun ini kemudian di tutup dengan doa.

Meskipun dalam kondisi terbatas, anak-anak tetap antusias mengikuti kebaktian yang dilakukan secara virtual ini. Untuk anak-anak, semangat terus ya menyongsong tahun ajaran baru. Teruslah bersemangat dan berjuang merajut mimpi kalian. Ibu guru selalu mendoakan perjuangan kalian di jenjang yang baru. Semoga Covid-19 segera bisa berlalu dan anak-anak bisa kembali lagi bersekolah. Tuhan memberkati.

Happy Chinese New Year

Tawa riuh teman-teman bergema meramaikan suasana sekolah yang dipenuhi dengan dekorasi dan lampion berwarna serbamerah. Ya, pada hari Jumat, tanggal 24 Januari 2020 lalu, KB-TK Kristen Petra 9 mengadakan lomba membuat lampion bagi orang tua dan anak dalam rangka menyambut tahun baru Imlek. Para orang tua dan siswa KB-TK Kristen Petra 9 terlihat sangat bersemangat dan antusias.

Kegiatan diawali dengan morning devotion dan berdoa. Teman-teman KB-TK Kristen Petra 9 diajak untuk menyanyikan lagu pujian dan mensyukuri semua berkat Tuhan pada pagi itu. Setelah morning devotion, mereka diajak menampilkan talentanya dalam gerak dan lagu Mandarin. Wah, ternyata mereka sangat bersemangat saat menampilkan gerak dan lagu, lho…! Selain itu, juga ada penampilan tari lampion dan menyanyi lagu Mandarin dari beberapa siswa TK B.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan aturan lomba membuat lampion. Semua orang tua dipersilakan masuk ke dalam kelas agar lomba bisa segera dimulai. Bel menjadi tanda dimulainya lomba. Orang tua dan siswa pun mulai saling bekerja sama membuat lampion. Selama proses pembuatan lampion, para juri juga berkeliling untuk melihat proses pembuatan lampion.

Sembilan puluh menit berlalu, bel kembali berbunyi, menandakan lomba sudah berakhir. Wah, ternyata hasil lampion mereka sangat indah, lho...! Selagi menunggu pengumuman pemenang lomba, para peserta menunggu pembagian lesson plan, jeruk, dan angpau yang berisi cokelat.

Setelah beberapa lama, akhirnya juri mengumumkan pemenang lomba membuat lampion ini. Para pemenang dipanggil maju ke depan untuk menerima trofi. Yeeayyy...! Selamat buat para pemenang! Bagi peserta yang belum berhasil memenangkan lomba, tetap semangat, ya..! Kita akan jumpa kembali dalam lomba dan kegiatan lainnya. Tuhan memberkati. Happy Chinese new year 2571…! Gong xi fa cai…                                                    

boost the values reap the success