| |

Love The Earth by Caring For Plants

Karakter merupakan salah satu aspek dalam hidup manusia yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi perkerti, serta tabiat mereka. Karakter yang baik akan membawa pada sebuah perkembangan yang baik pula dalam diri seseorang. Menanamkan karakter yang baik perlu dilakukan sejak anak usia dini. Dengan memiliki karakter baik, anak akan bisa berkembang dengan lebih optimal. Pendidikan Karakter Kristiani (PKK)  merupakan sebuah program rutin yang diadakan oleh PPPK Petra dijenjang TK. Tujuan diadakannya PKK ini yaitu menanamkan nilai-nilai karakter baik pada anak sejak dini, menumbuhkan rasa peka pada orang lain dan lingkungan, melatih kemandirian anak, dan lain-lain. Diharapkan karakter baik pada anak bisa semakin berkembang melalui diadakannya kegiatan PKK ini.

Pada tanggal 9 Oktober 2020, sekolah KB-TK Kristen Petra 9 melaksanakan kegiatan Proyek Pendidikan Karakter Kristiani secara virtual melalui zoom meeting. Pada kegiatan Proyek PKK kali ini, anak-anak diajak untuk mencintai bumi dan lingkungan dengan cara mau merawat dan mencintai tanaman. Pertama-tama, anak-anak diberi penjelasan dan video mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan bumi. Anak-anak juga diberi penjelasan bagaimana cara merawat tanaman. Setelah diberi penjelasan, anak-anak diajak untuk menanam biji sawi yang sudah mereka terima dari sekolah. Tidak lupa, mereka juga diberi penjelasan bagaimana cara menanam biji sawi tersebut. Proses menanam biji sawi ini dilakukan anak-anak di rumah setelah kegiatan zoom meeting berakhir.

Dari hasil report foto yang dikirimkan oleh orang tua siswa, anak-anak terlihat sangat bersemangat dan antusias saat menanam biji sawi. Mereka berusaha mandiri menanam biji sawi tersebut. Tidak lupa mereka menyiram biji sawi yang sudah mereka tanam dalam polybag. Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini. Di tiap minggu, siswa dimintai report hasil tanaman sawi yang mereka tanam. Melalui hal ini, anak diajarkan untuk bertanggung jawab dalam merawat tanaman yang sudah mereka tanam. Mereka diajak juga untuk lebih mencintai tanaman dan lingkungan. Semoga tanaman sawi yang sudah ditanam bisa tumbuh subur ya anak-anak hingga saatnya panen. Semangat selalu ya dalam merawat tanaman kalian. God bless you…..

boost the values reap the success