| |

My Adventure on the Mountain

Pada tanggal 2- 6 Maret 2020,  siswa-siswi TK Kristen Petra 9 sedang mempelajari tema rekreasi dengan sub tema perlengkapan rekreasi di gunung. Sebelumnya, anak-anak juga sudah diajak untuk mengenal macam-macam tempat rekresi. Nah kali ini, guru-guru akan mengajak anak-anak di kegiatan sentra bermain peran makro, yaitu rekreasi di gunung. Anak-anak diajak memerankan kegiatan yang bisa mereka lakukan saat di pegunungan. Banyak hal yang bisa anak-anak lakukan lho digunung misalnya berkemah, mencari jejak, memanjat gunung, dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya hawa di gunung atau pegunungan itu dingin sehingga pertama-tama, anak-anak diajak untuk menggunakan perlengkapan yang biasa dipakai di daerah pegunungan yaitu topi, syal, jaket, sarung tangan, sepatu, dan perlengkapan lainnya yang bisa membuat anak-anak merasa hangat. Kemudian, anak-anak berperan sebagai orang yang sedang mendaki gunung. Wahh, anak-anak terlihat bergembira dan bersemangat lhoo.... Selain itu, anak-anak juga diajak untuk membuat api unggun, berkemah di tenda, serta berperan sebagai orang yang sedang memasak air. Ini adalah pengalaman yang mengesankan lho untuk anak-anak. Raut wajah bahagia dan senyuman tidak bisa lepas dari mereka.

Kegiatan ini bertujuan supaya anak-anak memahami peralatan apa saja yang harus mereka siapkan bila mereka pergi berwisata ke gunung. Anak-anak juga diajak untuk dapat mensyukuri ciptaan Tuhan. Selain itu, mereka diharapakan sadar dan peduli untuk merawat alam yang sudah diciptakan Tuhan misalnya kalau mereka melakukan kegiatan berkemah, maka mereka tidak boleh membuang sampah sembarangan, lalu bila mereka sedang mendaki gunung, mereka tidak boleh memetik bunga sembarangan atau merusak tanaman. Jadi, jangan lupa ya anak-anak, kita semua harus mensyukuri semua anugerah serta alam ciptaan Tuhan yang indah ini....

boost the values reap the success