| |

Environment Care

Saat ini masih membuang sampah sembarangan? Bukan zamannya. Bumi kita sudah semakin tua bahkan kondisinyapun sudah parah. Bencana alam terjadi di sana sini. Global warming kini menjadi isu dunia. Jika dunia kini menggeliat untuk lebih peduli pada kondisi bumi, maka begitupun dengan kami. Salah satu faktor penyebab terjadinya bencana alam adalah kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, kami sebagai pendidik merasa terbeban bahkan turut berkepentingan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang baik. Tidak usah jauh- jauh, karena kita bisa memulainya dari lingkungan sekitar kita sendiri seperti di sekolah dan di rumah. Usia dini adalah waktu yang tepat untuk menanamkan fondasi rasa peduli terhadap lingkungan. Beruntungnya bagi anak- anak didik kami, siswa KB - TK Kristen Petra 9, karena semua itu sudah masuk dalam kurikulum pembelajaran yang mereka lakukan sehari- hari. Memungut dan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan meja, menanam dan menyiram tanaman, semua dilakukan dengan penuh sukacita. Untuk semua itu, fasilitas- fasilitas yang berkaitan pun disediakan. Tempat sampah basah dan kering selalu ada di setiap sudut, alat- alat kebersihan pun juga banyak tersedia, belum lagi bapak dan ibu karyawan yang siap membantu kami di kebun sekolah. Di sekolah kami juga dipasang banyak psoter slogan peduli lingkungan. Para guru juga selalu setia mendidik dan membimbing anak- anak sehingga sikap peduli lingkungan ini menjadi kebiasaan baik anak- anak. Para orang tua pun semakin senang karena kebiasaan ini akan terus terbawa sampai di rumah, di manapun dan sampai kapanpun. Ayo, selamatkan bumi kita dengan menjadi lebih peduli pada lingkungan sekitar!

environment care 6.jpgenvironment care 2.jpgenvironment care 1.jpgenvironment care 4.jpgenvironment care 3.jpgenvironment care 5.jpgenvironment care 7.jpg

Healthy Habit

Selesai belajar dan lelah bermain, paling enak memang makan. Untung sekarang sudah waktunya makan. Bu Guru meminta aku untuk cuci tangan dulu. “Hhehh...aku kan sudah lapar, pingin cepet – cepet makan. Kenapa sih harus cuci tangan dulu?.” Aku lari ke meja dan membuka bekalku. Tiba – tiba dari belakang bu guru menegurku. Bu guru memintaku cuci tangan. Baiklah, aku akan cuci tanganku dulu, berdoa, dan makan. Sebelum pulang bu guru mengumpulkan kami kembali. Bu guru bercerita tentang pentingnya mencuci tangan sebelum makan. Dari situ aku dan teman – teman sekarang sudah terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Bahkan ketika aku makan di rumahpun, aku tak lupa mencuci tangan dahulu. Kalau tidak? bisa sakit perut lho..

Water Play

Berenang di kolam renang? Mama dan papa sudah sering mengajakku. Tapi kalau Water Play? Seru sekali. Kegiatan apa “Water Play” itu?. Water Play adalah kegiatan belajar yang kami lakukan sambil bermain air. Sambil bermain menciprat – ciprat air, berbasah – basahan, bu guru mengajak kami bermain sambil belajar. Aku belajar menuang air tanpa tumpah, memenuhi botol kosong dengan air sampai penuh, berlomba menangkap mainan bebek – bebek kecil yang terapung – apung, dan masih banyak lagi. Pokoknya menyenangkan sekali.

water_play.jpg

Play, learn and grow with fun

Waktunya bermaiiiinn..... yess, I love to play.. itulah kegiatanku di Kelompok Bermain Kristen Petra 9. Bermain dan bermain. Aku dan teman – teman memang suka bermain. Kata orang, memang begitulah dunia kami, dunia anak – anak. Di sini kami bermain ditemani oleh ibu guru. Lho, buat apa ke sekolah kalau hanya untuk bermain?

Eit, tunggu dulu. Karena kami adalah anak – anak kelompok bermain, maka seluruh kegiatan belajar kami disebut sebagai “bermain”. Jadi, kami memang bermain, tapi sambil belajar. Lihatlah kami, kami memang bermain mandi bola. Tapi di sana aku belajar tentang warna – warna bola, mengelompokkan bola, mengitung bola, dan masih banyak lagi. Menyenangkan sekali. Setelah lelah bermain, para ibu guru siap menghibur kami dengan suaranya yang merdu, kamipun bernyanyi dengan riang gembira

play_learn_1.jpgplay_learn_2.jpg

Belajar untuk tahu

Kegiatan percobaan teman-teman di TK Kristen Petra 9 kali ini adalah melihat bagian-bagian dari ikan. Pertama, mereka melihat ikan secara utuh dan masih hidup di dalam kolam air. Kemudian, salah satu ikan mas itu diambil dan dibedah oleh bu guru. Setelah itu, ditunjukkan kepada mereka supaya bisa melihat bagian-bagian luar maupun dalam tubuh ikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mereka, tentang bagian-bagian tubuh dari ikan dan kegunaannya.

boost the values reap the success